Strategi Sukses






1. Strategi untuk menyikapi suatu kegagalan
Kebanyakkan orang dalam kebudayaan kit a diprogram untuk takut akan
gagal. Padahal kita semua pernah menginginkan sesuatu, tetapi
mendapatkan yang lain. Kata "hasil" itulah yang digunakan orang sukses.
Mereka tidak melihat kegagalan, tidak percaya pada kegagalan dan itu tidak
masuk dalam hitungan mereka.
Orang yang selalu sukses mendapatkan semacam hasil sekses -sukses
super dari kebudayaan kita bukanlah orang yang tidak gagal, melainkan
orang yang tahu bahwa mereka mencoba sesuatu dan tidak mendapatkan
apa yang mereka inginkan, tetapi mereka men dapatkan pengalaman belajar.
Mereka menggunakan apa yang telah mereka pelajari itu dan mencoba
sesuatu yang lain saja. Mereka mengambil tindakan -tindakan baru dan
membuahkan hasil yang baru.
Salah satu asset yang bermanfaat hari ini dibanding hari kemarin adalah
pengalaman. Orang yang takut gagal dan berperilaku untuk tidak berbuat
sesuatu yang mungkin tidak efektif, sedangkan orang yang percaya
kegagalan hampir dijamin biasa -biasa saja keadaannya. Kegagalan adalah
suatu yang pokoknya tidak dapat dipresepsi kan oleh orang yang mencapai
kebesaran. Mereka tidak terpuruk oleh kegagalan. Sesungguhnya krgagalan
itu tidak ada tetapi yang ada hanyalah hasil yang tidak seauai dengan yang
kita inginkan.

2. Rahasia yang di pakai sehingga perusahaan yang dulunya kecil sekarang
menjadi perusahaan yang lebih besar . Dari beberapa perusahaan/ pedagang ,
mungkin rahasianya berbeda-beda untuk mengembangkan usahanya. Dan
saya akan mengambil contoh dari ibu pedagang baju keliling tadi. Sekecil
dan sesederhana apapun, berbisnis itu membutuhkan strategi yang jitu.
Strategi bisnis yang dilakukan ibu tersebut adalah mengenali nama -nama
pelanggan atau menyapa dengan ramah kepada setiap orang. Hubungan
pribadi dengan pelanggannya merupakan strategi yang membuat
dagangannya laris atau lebih sering disebut dengan kedekatan hubungan
dengan pelanggan. selain itu pedagang juga selalu menerima kritikkan atau
complain dari pelanggan karena dari semua itu dapat membangun usahanya
agar lebih maju lagi.
Dari pengalaman tersebut ibu itu mengemban gkan usahanya agar
menjadi usaha yang lebih baik dan besar lagi, seperti sekarang ini dan
kuncu sukses dalam berbisnis adalaha memahami dasar -dasar bisnis. Dasar
bisnis yang utama adalah merancang dan mempertahankan strategi yang
jelas dan terfokus.

Sumber : 
  •  M.Suyanto.2009.Small is powerful.Yogyakarta

  •  M.Suyanto.2006.15 Rahasia Mengubah Kegagalan MenjadiKesuksesan.Yogyakarta


0 comments:

Post a Comment